Ada beberapa tahap yang tentunya perlu Anda perhatikan dalam membuat video shooting pernikahan dengan hasil yang berkualitas, seperti :

  1. Shooting plan

Untuk memperoleh hasil video shooting pernikahan yang berkualitas, tentunya Anda membutuhkan skenario yang tepat. Dalam hal ini, Anda akan membuat konsep cerita mulai dari awal pernikahan, pada saat resepsi pernikahan hingga pesta pernikahan selesai. Bagian mana saja yang memberikan momen spesial. Skenario seperti ini yang akan memudahkan Anda dan juga kru lainnya, dalam mengambil gambar yang tepat.

  1. Rencana pengeditan

Ada 2 tahap rencana pengeditan dalam hal ini, yaitu post production dan in camera. Yang dimaksud dengan post production adalah pengeditan yang dilakukan setelah semua video selesai direkam sesuai dengan shooting plan. Sedangkan in camera adalah rencana pengeditan yang akan dilakukan menggunakan kamera itu sendiri, seperti mengatur zoom, fokus, pencahayaan, white balance, dan hal lainnya. Pastikan pada saat proses pengambilan gambar berlangsung tidak ada hambatan.

  1. Audio

Menggunakan jenis mikrofon yang tepat, juga sangat diperlukan, hal ini berguna untuk mengurangi noise yang datang seperti dari para tamu undangan, dll.

  1. Proses pengambilan gambar

Pastikan proses pengambilan oleh jasa video shooting wedding sesuai dengan skenario atau shooting plan yang telah dibuat. Lakukan setahap demi setahap. Jika jumlah kru banyak, maka bagi tugas, untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Jika ada kejadian yang tidak diharapkan terjadi, pastikan tidak akan mengganggu keseluruhan shooting plan yang telah ditentukan di awal.

  1. Proses editing

Untuk proses editing atau post production ini sendiri dibagi ke dalam 2 tahap, yaitu menyusun video dan juga penambahan audio.

Seperti namanya menyusun video, maka Anda dalam hal ini, akan menyusun video yang ada, sesuai dengan rangkaian acara yang diselenggarakan. Mulai dari awal, hingga akhir. Pastikan Anda memilih berbagai momen yang tepat, dan juga hasil video shooting pernikahan yang juga tepat. Hingga menghasilkan sebuah tontonan yang menyenangkan, penuh kenangan, dan pastinya ringkasan dari pesta pernikahan itu sendiri.

Setelah proses penyusunan video selesai, berikutnya adalah proses penambahan audio. Disini, Anda dapat menambahkan musik latar, pada beberapa bagian video, untuk menciptakan suasana yang pas pada video tersebut.

Setelah selesai, maka hasil editing akan masuk render, yaitu menjadikan hasil editing, menjadi sebuah video shooting pernikahan secara utuh. Ini yang akan Anda tonton kemudian.