Saat ini sudah banyak kasus travel haji & umroh yang melakukan penipuan, hal ini tentunya menuntut Anda untuk selalu waspada agar bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu terdapat beberapa langkah yang bisa Anda ambil jika ingin selamat dari penipuan, sebab sudah banyak sekali travel bodong yang memanfaatkan kekurangan pengetahuan. Pastinya yang sangat dirugikan tentu saja Anda sebab uang yang dibawa kabur belum tentu dapat kembali, oleh sebab itu mengambil langkah di bawah ini merupakan pilihan yang tepat. Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan banyak travel yang menawarkan banyak hal agar dapat menarik calon jamaah.

  1. Jadilah konsumen yang cerdas

Agar terhidar dari penipuan travel umroh maka Anda harus menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih travel umroh terpercaya, dimana harus mencari berbagai macam info mengenai travel tersebut. Sebab dengan adanya info dan pengetahuan maka Anda bisa menilai apakah travel tersebut berkualitas atau tidak, apalagi jika Anda mengetahui rekam jejak dari travel tersebut sehingga bisa melihat gambaran dari kinerja travel tersebut. Oleh sebab itu sebelum menggunakan jasa travel ada baiknya jika Anda mencari info mengenai beberapa travel, sebab tidak semua travel dapat dipercaya. Hal ini tentunya sangat diperlukan demi kenyamanan dalam melakukan kerja sama ke depannya, oleh sebab itu jangan sampai mudah terkena bujuk rayu dari pihak travel yang bisa saja merupakan penipuan untuk mencari perhatian.

  1. Melakukan pembayaran langsung ke pihak travel

Ada baiknya jika Anda melakukan pembayaran langsung dengan pihak travel, hindarilah membayar melalui perantara. Sebab bisa jadi perantara tersebut membawa kabur uang anda, jadi walaupun travel tersebut terpercaya namun Anda menggunakan perantara maka bisa jadi anda mendapatkan masalah dari perantara tersebut. Apalagi saat ini sudah banyak travel yang menyediakan layanan membayar melalui transfer rekening, dimana Anda bisa melakukan transfer ke bank tanpa harus takut dana dibawa kabur orang. Apalagi saat ini sudah banyak bank yang terdapat pada daerah pelosok.   

  1. Meminta kwitansi

Agar transaksi menjadi transparan maka ada baiknya jika Anda meminta kwitansi untuk setiap transaksi yang dilakukan, apalagi meminta kwitansi pembayaran merupakan hak Anda sebab kuitansi menjadi bukti bahwa Anda telah melakukan pembayaran serta bisa menjadi bukti jika Anda permasalahan ke depannya. Hal ini wajib Anda lakukan jika perusahaan tidak memberikan kwitansi, namun umumnya travel yang terpercaya akan memberikan bukti tanpa harus diminta. Dengan melakukan langkah ini maka Anda bisa terhindar dari travel umroh bodong yang dapat menipu Anda, sehingga langkah ini bisa diambil agar Anda bisa waspada mengingat uang yang dikeluarkan tidak sedikit apalagi beribadah umroh merupakan impian setiap orang.