Di dalam teknik cetak offset pastinya bahan yang amat sangat penting adalah tinta, maka dari itu disini saya akan membahas seputar tinta offset dari mulai berapa komposisi yang diperlukan sampai bahan – bahan pembuat tinta offset itu sendiri.

  1. Pigmen

Yang pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa bahan dari tinta offset ini harus yang memiliki sifat tahan air, nah maka dari itu pigmen ini adalah salah satunya. Di tinta pigmen sendiri ada tiga macam jenis yaitu pigmen organik, pigmen anorganik dan pigmen carbon.

– Pigmen Organik

Pigmen organik ini pastilah terbuat dari bahan – bahan yang organik seperti tanaman, minyak bumi, batu bara dan bahan organik lainnya. Nah bahan – bahan organik tersebutlah yang nantinya akan diolah menjadi pigmen yang akan menjadi bahan tinta cetak offset dan juga sifat dari tinta pigmen organik ini lebih mudah mengalir dan juga bisa tersedia dalam bentuk bubuk.

– Pigmen Anorganik

Nah pigmen anorganik ini adalah menjadi pigmen yang paling kuat dalam pembuatan tinta karena tinta offset yang dibuat dengan pigmen anorganik ini mempunyai banyak sekali kelebihan seperti tahan terhadap panas matahari dan juga bahan kimia.

– Pigmen Carbon

Pigmen carbon ini biasanya dibuat menjadi tinta offset untuk mengantisipasi jika nantinya kekurangan warna.

  1. Vernis

Vernis ini adalah bahan kimia yang kedua yang kita butuhkan untuk bahan pembuatan tinta offset. Vernis ini mempunyai fungsi sebagai bahan pengikat. Vernis ini akan sangat berguna untuk mengikat bahan pewarna sehingga nanti ketika saat proses pencetakan akan lebih mudah. Vernis juga memiliki dua jenis bahan yang mempunyai fungsi yang berbeda yang pertama oil based ink dan liquid ink.

– Oil based ink

Oil based ink ini mempunyai tekstur yang kental dan terbuat dari minyak dan juga resin.

– Liquid ink

Sebenarnya liquid ink ini bukan merupakan bahan untuk membuat tinta offset karena liquid ink ini terbuat dari cairan yang mirip seperti air.

3.Additive

Ini adalah bahan terakhir yang digunakan untuk membuat tinta cetak offset dan ini juga merupakan bahan terpenting karena dalam pembuatan tinta cetak offset pastilah memerlukan bahan – bahan kimia untuk memperkuat dan membuat kualitas tinta menjadi semakin baik.