Menjamurnya entrepreneur muda di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Pengusaha clothing atau fashion muncul di sana-sini, apalagi pada channel online. Mudah ditemukan penjual pakaian modern di media sosial dan marketplace. Bisa jadi Anda salah satunya. Karena media penjualan online, maka cara memfoto pakaian sudah menjadi faktor utama untuk menarik perhatian calon pembeli. Cukup jelas, presentasi foto pakaian yang dijual menjadi faktor utama karena calon pembeli tidak bisa merasakan langsung atau mencoba langsung pakaian yang ia mau beli. Ini tidak seperti ketika orang berjualan secara offline. Berikut ini beberapa ide cara foto pakaian yang bisa membuat hasil foto Anda layaknya penyedia jasa foto profesional.

Aturan sepertiga. Aturan sepertiga adalah aturan mendasar yang sudah dikenal pada teknik fotografi dasar. Komposisi seperti ini enak dipandang oleh manusia. Jadi, aturan sepertiga ini menempatkan objek foto di posisi sepertiga panjang foto dari sisi kiri atau sisi kanan foto. Di ponsel pintar atau kamera modern, sering ditemukan fitur untuk meng-overlay pratampil foto dengan garis bantu aturan sepertiga ini. Tapi, aturan ini juga bisa ditabrak dengan sengaja menempatkan objek foto di tengah-tengah. Hanya kita harus berhati-hati, menempatkan objek foto di tengah-tengah tanpa mempertimbangkan objek di sekitar malahan bisa membuat foto membosankan.

Ciptakan Counterbalance. Terkadang kita perlu menempatkan objek di tempat-tempat yang kurang tepat secara komposisi. Counterbalance bisa membantu untuk menutupi kekurangan tersebut. Efek ini bisa diciptakan dengan menempatkan objek lain di sisi tertentu agar gambar terasa balance dan tidak menyisakan ruang kosong yang tidak perlu.

Ceritakan sesuatu. Seringkali seorang fotografer amatir melupakan poin untuk menyampaikan cerita pada fotonya. Memberikan sebuah narasi visula merupakan salah satu cara untuk membuat foto yang menarik empati dari yang melihat. Dulu sering kita lihat di majalah-majalah, dari foto ke foto ada sebuah tema yang seragam dan membentuk cerita yang harmonis dengan tulisan yang disampaikan oleh sang penulis artikel. Tidak harus terlalu rumit. Jika Anda sudah memiliki target yang jelas untuk pakaian tertentu, misal pakaian yang ditujukan bagi kaum urban yang hidup di perkotaan, maka ajaklah model foto Anda untuk berjalan-jalan di perkotaan dan lakukan pengambilan foto di jalan-jalan kota. Biarkan kreasi Anda bekerja dan sering secara otomatis, foto-foto yang dihasilkan memiliki sebuah cerita.

Semua teknik-teknik ini memang tidak sederhana dan memerlukan jam terbang fotografi yang tidak sedikit agar bisa menghasilkan foto-foto yang baik. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk menggeluti teknik-teknik fotografi secara khusus, memakai jasa foto mungkin bisa menjadi solusi yang lebih efisien. Beberapa penyedia jasa foto sudah menyiapkan tipe dan paket yang khusus untuk fotografi sesuai kebutuhan seorang business owner. Anda tinggal memberi masukan seperti ide-ide yang artikel ini tawarkan dan biarkan fotografer tersebut berkreasi.