Beberapa alasan kenapa sebuah badan usaha profit harus mengganti atau merubah logo mereka. Hal ini tentu berkaitan dengan beberapa hal. Merubah sebuah logo terlebih yang telah memiliki tempat di hati konsumennya, merupakan suatu keputusan besar yang harus diambil.

Merefresh dan menyesuaikan dengan zaman, meski logo tersebut tidak akan berubah secara signifikan, namun hanya menyesuaikan dengan tuntutan zaman dan visi misi perusahaan atau karena jika logo berubah secara mencolok ditakutkan akan membuat kebingungan client. Inilah beberapa ulasan alasannya:

Terdapat Persamaan dengan logo lainnya

Tanpa sadar anda mendapati jika logo dari perusahaan bisnis anda ada kemiripan dengan logo perusahaan atau organisasi lain. Jika dahulu sewaktu anda membuat logo perusahaan dengan ciri khas tersendiri, namun tiba-tiba seiring waktu terdapat perusahaan lain yang mengalami kemajuan yang mungkin melebihi kemajuan perusahaan anda, Maka jasa desain logo akan menyelesaikan masalah ini.

– Perubahan pada misi perusahaan

Beberapa perusahaan mengalami pergantian pimpinan dan manajemen. Hal ini biasanya selalu diikuti oleh pergantian kebijakan juga visi dan misi perusahaan. Namun terkadang logo yang lama sudah memiliki tempat dihati client maka harus dilakukan modifikasi, bukan merubah total akan logo. Hal yang harus dilakukan setelah ini adalah mensosialisasikan logo yang telah diubah tersebut. Biasanya  lewat pameran, bazaar atau moment lainnya

Terdapat masalah

Mungkin saat pertama kali mendesain logo, anda tidak menyadari jika logo tersebut akan mengalami masalah kelak dalam penggunaannya. Misalnya peletakan warna yang banyak dan mencolok. Selama tidak ada masalah yang timbul maka anda akan merasa cocok dengan logo yang ada. Namun terkadang suatu hari akan muncul masalah dalam penggunaan logo tersebut.

Jika logo sebelumnya memiliki terlalu banyak warna, sehingga saat dicetak pada kartu nama, banner atau baliho dan sebagainya, membutuhkan biaya lebih. tentu saja semakin banyak warna yang digunakan maka biaya cetaknya juga akan lebih mahal. Jika pada pembuatan kartu nama, baliho dan lainnya akan menimbulkan biaya ekstra maka perlu perubahan pada logo.

– Bentuk yang kurang tepat

Sesuatu produk pasti akan dilihat dari kemasannya. Layaknya majalah pasti akan dilihat dari covernya. Meski isi majalah sudah ok, maka jika cover tidak menarik maka saat dipajang majalah akan tertutupi kesannya dengan cover majalah lain yang menarik perhatian dengan headline nya yang bikin penasaran.

Begitu pula dengan logo, bisa saja garis yang ada, tulisan yan sulit dipahami atau dibaca, atau kesesuaian warna yang tidak matching, maka hal-hal tersebutlah yang membuat seolah ada yang tidak pas dengan logo dan kurang sedap dipandang mata.

Menyesuaikan dengan zaman

Pada saat dahulu logo dibuat maka suatu gambar digunakan. Dan hal itu terus berjalan yaitu penggunaan logo masih terasa nyaman digunakan dalam menjalankan bisnis. Namun seiring waktu, terkadang logo seolah sudah tidak sesuai lagi dengan jaman sekarang.

Misalnya perusahaan anda adalah perusahaan makanan yang menggunakan logo tungku api, atau alat masak tradisional. Bisa jadi karena bisnis makanan tersebut dahulu dikelola oleh orang tua anda yang pada zamannya memang familiar dengan alat masak pada logo tersebut.

Seiring waktu dengan beragam alat masak yang sudah sangat maju seperti penggunaan oven, kukusan dan Teflon atau oven yang canggih untuk proses panggang. Dan sistem serta cara pengolahan makanan yang dilakukan pada bisnis anda, adalah menggunakan kecanggihan tersebut. Juga banyak terdapat variasi menu masakan yang telah dilakukan. Maka sepertinya memang sudah saatnya jasa desain logo anda memikirkan logo baru dengan lambang tungku api yang sudah bukan jamannya lagi.

Demikian bahasan kali ini, semoga bermanfaat yaa..