Jika beautypreneur telah menentukan konsep brand, bahan baku, dan menjatuhkan pilihan pada perusahaan maklon kosmetik jakarta tertentu, selanjutnya kamu bisa mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh perusahaan maklon yang bersangkutan. Setiap dari perusahaan memiliki persyaratan masing-masing, namun secara garis besar terdapat beberapa persyaratan administrasi yang perlu kamu penuhi, diantaranya

  1. Persyaratan administrasi. Jika kamu memiliki perusahaan kosmetik yang membutuhkan jasa dari maklon kosmetik, kamu harus memenuhi dokumen seperti KTP, NPWP, SIUP, dan juga TDP. Hal ini sangat wajib untuk dilengkapi. Namun jika kamu menjual kosmetik secara perorangan dan perlu menggunakan jasa maklon, adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah KTP dan NPWP.
  2. Mempunyai hak paten atas brand kosmetik baik brand secara individu ataupun secara perusahaan. Beautypreneur harus mematenkan brand miliknya untuk bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan maklon kosmetik.
  3. Sepakat dengan minimal quantity atau banyaknya jumlah barang yang disepakati. Pengguna jasa maklon kosmetik sepakat dengan perjanjian minimal jumlah barang yang harus produksi.
  4. Menyepakati perjanjian pembayaran. Masing-masing perusahaan maklon kosmetik memiliki prosedur dalam proses pembayaran produksi. Biasanya perjanjian pembayaran yang harus  disepakati yaitu pembayaran DP 50% sebelum proses produksi dan pelunasan 50% sebelum barang dikirim.
  5. Produk trial atau produk percobaan dikenakan biaya. Hal ini juga bergantung pada prosedur perusahaan maklon yang kamu ajak kerjasama. Terdapat juga perusahaan yang tidak memberikan produk trial. Untuk perusahaan maklon yang menggunakan persyaratan ini, biasanya biaya trial akan dijadikan potongan harga untuk biaya keseluruhan  maklon.
  6. Pendaftaran biaya POM. Selanjutnya kamu perlu untuk melakukan pembayaran untuk daftar POM per produk yang beautypreneur miliki.
  7. Mengisi form customer. Kemudian kamu sebagai customer dari maklon kosmetik, kamu perlu untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh perusahaan maklon.
  8. Menandatangani perjanjian kerjasama. Setelah melewati berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, hal terakhir adalah kamu harus menandatangani MOU atau Memorandum of Understanding yang telah dilegalisir oleh notaris. Ini merupakan tanda kerjasama, dimana jika salah satu pihak melakukan pelanggaran perjanjian kerjasama maka pihak satunya berhak untuk melakukan tuntutan.