Masa subur atau masa ovulasi wanita adalah masa ketika kemungkinan untuk terjadinya kehamilan besar kemungkinan akan terjadinya. Untuk itu maka bisa dilakukan tes kesuburan wanita guna mengetahui kapan waktunya tiba. Berikut ini adalah berbagai cara Tes Kesuburan Wanita tersebut.

Masa Subur atau Masa Ovulasi Wanita

Seorang wanita akan mengalami masa ovulasi atau masa subur pada saat ketika sel telurnya telah mengalami kematangan dan lalu terlepas dari ovariumnya dan lalu menuju ke rahim. Pada masa subur atau masa ovulasi ini jika dilakukan hubungan suami istri maka besar peluang akan terjadinya kehamilan.

Metode Hitung Hari

Dengan cara manual ini maka bisa diketahui juga perkiraan datangnya masa subur atau masa ovulasi wanita. Cara menghitungnya ialah dengan menghitung pada sekitar hari ke 13 dan hari ke 14 setelah selesainya masa haidnya, atau sekitar 16 hari sesudah mengalami haid hari pertama atau pada rentang kurun waktu sekitar 14 hari sebelum waktu haid yang berikutnya terjadi. Biasanya terdapat program kalkulator masa subur untuk menghitungnya.

Metode Tes Urin

Kemudian cara lainnya lagi ialah dengan menggunakan alat ovulation test atau alat test pack kesuburan  bukan alat test pack kehamilan. Apabila alat test pack kehamilan akan mengukur tingkat hormon hCG yang terdapat pada urin seorang wanita guna menentukan kehamilan atau terbentuknya embrio yang ada di dalam uterus wanita, maka pada alat test pack kesuburan atau alat tes kesuburan wanita itu akan mengetahui masa subur wanita dengan mengukur kadar tingkat hormon LH pada urin wanita. Jadi jangan sampai salah beli. Adapun cara pakainya juga mudah, yakni dengan meneteskan urin di ujung alat ovulation test aTau test pack kesuburan  dan setelah menunggu sekitar lima menit maka akan segera bisa diketahui hasilnya. Kalau terbaca positif hasilnya maka itu berarti sedang dalam masa subur, tapi kalau terbaca negatif hasilnya maka itu menunjukkan bukan dalam masa subur.

Demikanlah cara untuk tes masa kesuburan wanita itu. Sehingga bisa diketahui mengenai peluang terjadinya kehamilannya.