Kredit adalah pemberian sejumlah uang atau barang kepada orang lain dengan memberikan batas waktu tertentu dengan atau tanpa jaminan disertai bunga ataupun tanpa bunga sesuai ketentuan yang ada. Kredit bisa diperoleh di berbagai instansi pemerintahan maupun swasta.

Jenis Kredit yang Cocok untuk Pelaku Usaha

Menjalankan usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Baik untuk memulai dari awal atau untuk mengembangkan usaha dengan lebih cepat. Ada beberapa jenis pinjaman kredit yang bisa dimanfaatkan untuk membiayai bisnis.

  1. Kredit Tanpa Agunan

Sesuai namanya pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan sebagai syaratnya. Pinjaman yang diajukan bisa untuk kepentingan bisnis maupun untuk konsumtif. Namun sayangnya suku bunga KTA tergolong tinggi sehingga bisa menyulitkan saat pengembaliannya.

  1. Kredit Multiguna

Untuk mendapatkan kredit multiguna seseorang harus menyertakan jaminan terlebih dahulu. Pihak instansi akan menilai berapa besar jumlah kredit yang diberikan sesuai dengan jaminan yang diberikan. 

  1. Kredit Usaha Rakyat

KUR dapat diajukan ke bank milik pemerintah dengan jaminan berupa aset tertentu. Plafon pinjaman KUR ini bisa mencapai ratusan juta. Jenis pinjaman ini paling cocok bagi yang hasil usahanya sudah mapan agar tidak kesulitan dalam memenuhi angsuran.

  1. Peer-to-Peer Lending

Pinjaman P2P dilakukan dengan mempertemukan lender (pemberi pinjaman) dan borrower (penerima pinjaman). Pengembalian dana adalah dengan sistem investasi. Peminjam akan membayarkan dana pinjaman setiap bulan dan pemberi pinjaman akan mendapatkan keuntungan berupa pokok dan bunga.

  1. Kredit Rekening Koran

Diperlukan aset untuk jaminan jika ingin mengajukan pinjaman rekening koran. Peminjam diwajibkan membayar bunga dari jumlah yang ditarik. Pokok pinjaman dapat dibayar saat akhir pelunasan.

Jenis Kredit Berdasarkan Jangka Waktu Pengembalian

Ada tiga jenis pinjaman kredit berdasarkan batas waktu untuk mengembalikan pinjaman yaitu kredit jangka pendek, menengah, dan panjang.

  1. Kredit Jangka Pendek

Jangka waktu pengembalian jenis kredit ini biasanya tidak lebih dari satu tahun. Persyaratan untuk mengajukan kredit jangka pendek cenderung mudah dipenuhi dan lebih mudah didapat karena resiko bagi pemberi pinjaman lebih kecil.

  1. Kredit Jangka Menengah

Pengembalian pinjaman jangka menengah biasanya diberikan waktu sekitar tiga tahun. Pinjaman ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil dan menengah.

  1. Kredit Jangka Panjang

Diberikan waktu maksimal lima tahun bagi peminjam untuk mengembalikan kredit ini. Untuk mendapatkannya diperlukan beberapa dokumen sesuai ketentuan karena jangka yang diberikan cukup lama. 

Jenis Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaan Dana

  1. Kredit Konsumtif

Pinjaman kredit konsumtif dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan pribadi. Dana digunakan untuk membeli barang yang tidak menghasilkan uang. Kemungkinan barang yang dibeli bahkan bisa mengalami depresi atau penurunan harga jual.

  1. Kredit Produktif

Kredit produktif dipilih untuk membeli suatu aset yang bertujuan agar mendapatkan keuntungan. Misalkan dibelikan tanah atau bangunan untuk disewakan kembali.