Pada umumnya seseorang yang memutuskan akan mengajukan pinjaman dana, akan mencari tahu terlebih dahulu bagaimana hitungan kredit pinjamannya. Selain itu berapa bunga yang dikenakan dari pinjamannya, serta berapa nominal cicilan yang harus disetorkan pada setiap bulannya. Hal ini bisa dengan mudah diketahui dengan simulasi pinjaman.

Pemahaman terkait hal-hal tadi sangatlah perlu bagi siapa saja yang memutuskan akan mengajukan pinjaman. Tujuannya untuk mengetahui gambaran berapa kira-kira si peminjam harus menyisihkan anggaran untuk cicilan pinjaman di setiap bulannya.

Mengetahui gambaran berapa cicilan, maupun bunga pinjaman dapat dilakukan dengan cara simulasi pinjaman. Sebagai ilustrasi misalnya Anda akan mengajukan pinjaman dengan nominal 50 juta.

Melalui bantuan alat simulasi pinjaman Anda dapat melihat dan mendapatkan opsi berapa cicilan dan besaran bunga dari pinjaman tersebut yang bisa Anda pilih. Pada umumnya, simulasi pinjaman menyediakan simulasi hitungan bunga dari berbagai jenis bunga.

Sebelum memilih jenis bunga pada pinjaman Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis bunganya serta seperti apa kelebihan atau keuntungan jika kita memilih bunga tersebut.

Bunga Pinjaman Tetap (Fixed Rate)

Suku bunga tetap (fixed rate) ialah suku bunga yang nominal besarannya tetap, tidak berubah, selama periode tertentu. Pada praktik program pinjaman, lembaga atau pihak bank kerap menggabungkan jenis suku bunga tetap dan mengambang sekaligus. Sebagai contoh sering dijumpai lembaga penyedia  pinjaman atau bank menerapkan cicilan tetap pada awal-awal periode. Setelah itu baru pada tahun-tahun berikutnya menerapkan suku bunga mengambang.

Kelebihan Suku Bunga Tetap (Fixed Rate)

Jenis suku bunga tetap atau fixed rate mempunyai kelebihan antara lain:

Pertama, Anda akan memperoleh kepastian cicilan yang tetap yang harus dibayar pada setiap bulannya, selama periode tertentu. Kedua, jika Anda mendapati kelebihan dana dan bisa melunasi semua cicilan di tengah masa pinjaman, maka Anda tidak ada pemberlakuan biaya penalti untuk Anda.

Kelemahan Suku Bunga Tetap (Fixed Rate)

Adapun kelemahannya, dari jenis ini sebelum Anda melakukan simulasi pinjaman yaitu; pertama, tingginya nilai angsuran atau cicilan yang haru dibayar. Nilainya lebih tinggi dari suku bunga mengambang (floating rate).

Kelemahan kedua yaitu Anda tidak merasakan penurunan nilai pada saat suku bunga pasar menurun. Karena nilai suku bunga sudah ditetapkan sejak awal.

Nah jika kelebihan dan kekurangan jenis suku bunga tetap sudah Anda ketahui, tinggal Anda coba dalam simulasi pinjaman Anda.